Selasa, 02 November 2010

Annotated Bibiliography (sosiologi olahraga)

Nama : Nur Fajri
NIM : 08601244228
Kelas : JKR 2

Annotated Bibiliography

Pertanyaan Penelitian

Mengapa Kekerasan Menjadi Budaya Dalam Olahraga Terutama Di Persepakbolaan Indonesia?
Daftar Pustaka :

1. Sugiyanto, FX.(1997). Diktat Mata kuliah Sosiologi Olahraga. Hal : 63-67.

Poin dari buku ini adalah sebuah tingkah laku kolektif atau bersama dapat merubah perubahan budaya pada masyarakat, dengan perubahan ini adat masyarakat akan terus berubah sesuai dengan perkembangannya begitu juga dengan tingkah laku negatif ataupun positifnya

Buku ini berhubungan dengan pernyataan yang saya teliti kerena tingkah laku negatif yang terjadi secara bersama-sama berdasarkan ideologi tertentu akan berpotensi untuk terjadinya keanarkisan dan keanarkisan. Seperti yang terjadi pada suporter-suporter sepak bola Indonesia.

2. Sugihartono,kartika dkk.2007.Psikologi Pendidikan.Hal :28-35

Isi dari buku ini adalah perbedaan individual dan kepribadian mempengaruhi hubungan antara manusia dengan manusia lain atau hubungan antar sesama manusia.

Buku ini berhubungan dengan pertanyaan yang saya teliti karena perbedaan antar suporter akan mempengaruhi sifat, tingkah laku, kesepahaman antar suporter. Hal ini menjadikan suporter menjadi sepaham atau tidak dan akan menimbulkan keributan atau kerusuhan jika terjadi perselisihan suporter.

3. Soekanto, Soerjono.2006.Sosiologi Suatu Pengantar.Hal : 314-321

Inti dari buku ini adalah masalah-masalah sosial yang timbul dalam individu ataupun kelompok dihasilkan atau bersumberkan oleh faktor-faktor seperti: ekonomi, psikologi, emosional dan kebudayaan yang dapat menimbulkan kericuhan maupun kekerasan.

Ini berkaitan dengan pertanyaan yang saya tulis karena tekanan seseorang yang diakibatkan dari faktor-faktor tersebut dapat menimbulkan seseorang atau suporter itu melakukan tindakan-tindakan berbau kekerasan. Sehingga terjadilah sebuah kejadian yang berbasis kekerasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar